Kamis, 01 Agustus 2013

MENGASAH EMPATI AUD DENGAN BERBAGI....



Empati merupakan kemampuan penting untuk melatih kecerdasan dalam menjalin hubungan atau sekarang lebih dikenal dengan istilah Kecerdasan Emosional atau Emotional Quotient (EQ). Semakin baik empati anak maka semakin baik juga EQ-nya. Salah satu cara untuk melatih empati anak yaitu dengan memelihara binatang peliharaan.
EQ memang harus diasah sejak dini dan sama pentingnya dengan kecerdasan intelektual (IQ). Walaupun anak memiliki nilai bagus di sekolahnya namun jika tidak ceria bisa dikatakan anak mengalami stres. Sebuah penelitian bahkan mengungkapkan EQ memberikan kontribusi 90% dalam kesuksesan seseorang dan IQ hanya memberikan 10% untuk menjadikan anak sukses.
Penelitian tersebut tentu membuktikan bahwa kesuksesan seseorang karena memiliki kecerdasan emosional dan spiritual yang bagus. Dan sebagai orangtua sangat penting untuk menjaga empati anak dalam pola asuh kesehariannya. Jangan sampai empati anak digerakkan oleh rasa takut akibat ditekan, rasa kasihan bernada merendahkan atau narsisme. Melatih empati anak dengan berbagi bisa dimasukan dalam agenda pola asuh Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar